Yamaha New V-Ixion 2013

  

Akhir bulan ini, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YMMI) bakal meluncurkan generasi ke-2 dari motor sport-nya yakni, V-Ixion digelaran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang digelar di Jakarta Convention Center.

Beruntung, sebelum resmi diluncurkan untuk publik, detikOto mendapat kesempatan emas untuk mencoba motor sport tersebut meski di tempat dan jarak yang kurang mendukung untuk sekelas motor sport. Bagaimana performa dari V-Ixion terbaru ini? Mari kita simak ulasanya.

V-Ixion terbaru ini banyak perubahan pada desain luar, joknya masih sama dengan generasi sebelumnya atau terpisah alias masih menggunakan tipe tandem.

Cover head lamp-nya jauh berubah yang kini terlihat jauh lebih simpel dan bentuk tangki bensinya yang di desain lebih besar. Dibagian belakang, Yamaha sukses mendesain V-Ixion terbarunya lebih ramping dan menghilangkan behel di bodi bekalang dan menggantinya dengan spatbor yang di desain lebih kokoh untuk memudahkan konsumen ketika menggeser motor.

Tinggi V-Ixion terbaru ini sangat mendukung dengan postur pengendara detikOto yang memiliki tinggi badan 178 cm sehingga saat duduk diatas jok terasa nyaman. V-Ixion baru ini dibalut dengan ukuran 120/70-17 untuk ukuran belakang dan 90/80-17 untuk ukuran depan dengan menggunkan pelek ukuran 3,50 inci untuk belakang dan 2,50 untuk ukuran depan.

Perubahan ukuran pelek dan ban itu menjadikan V-Ixion baru ini jauh lebih stabil ketika berada ditikungan.

Tidak menunggu lama, detikOto pun langsung memutar kunci kontak ke posisi On. Hebatnya sebelum konsol indikator menyala, ada tulisan “Hi Bro” pada bagian spidometer yang kini sudah mengusung sistem digital.

Setelah memutar kunci kontak, untuk menghidupkan V-Ixion terbaru ini Anda tidak perlu repot untuk menggunakan kaki karena Yamaha menghilangkan startet kaki (engkol) dan hanya mengandalkan starter elektrik yang disimpan di bagian kanan stang kemudi.

Mesin pun menyala, suara khas dari V-Ixion tetap dipertahankan tapi suaranya kini lebih besar ketimbang yang sebelumnya. Mesinnya tetap sama dengan generasi sebelumnya yang dibekali mesin berkapasitas 150 cc dilengkapi dengan teknologi liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, single-cylinder fuel-injection engine.

V-Ixion terbaru ini juga sudah dilengkapi sistem pendingin cairan dan sistem injeksi dengan sensor oksigen (O2).

“Suaranya lebih besar sedikit dibanding V-Ixion sebelumnya mas,” cetus sumber kepada detikOto.

Selongsong gas langsung dipelintir, dan V-Ixion pun melaju dengan perlahan karena jarak test ride-nya sangat pendek. Tapi sesekali detikOto mencoba menggebernya untuk mengetahui kelincahan dan ketangguhan dari motor sport Yamaha.

Hasilnya, V-Ixion terbaru ini jauh lebih enak, meski masih menggendong mesin lama tapi, tarikannya begitu enteng. Perpindahan giginya juga sangat halus.

Sayang, first ride V-Ixion terbaru ini tidak berlangsung lama. detikOto hanya mencobanya beberapa putaran dengan jarak kurang lebih 50 meter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: